7 Recent Posts

Ads

Tutorial Membuat Blog di Blogger.com


Membuat blog di Blogger.com

1. Buat email di gmail. Bisa langsung ke alamatnya disini www.gmail.com
2. Setelah membuat akun gmail, langsung melaju ke link ini https://blogger.com
3. Klik tanda panah oranye yang mengatakan "Membuat blog Anda sekarang."
4. Pada "Buat Akun Google" masukan informasi yang diperlukan, yaitu:
- Masukkan alamat email gmail yang tadi sudah dibuat
- Masukkan password, Ulangi mengetik ulang password di kotak kedua.
- Masukkan nama tampilan
- Pilih nama pengguna. Jika kamu lebih suka orang tidak tahu siapa kamu sebenarnya, pilih saja nama fiktif. misalnya "GARONG BLOG"
- Menerima persyaratan dari layanan ini.
- Verifikasi kata: ketik huruf yang muncul di atas kotak verifikasi. Ini untuk memastikan bahwa blog ini diciptakan oleh seseorang dan tidak secara otomatis dihasilkan oleh komputer.
- Klik pada panah "Continue"
5. Pada tampilan "Nama blog Anda":
- Masukkan judul: Ini adalah judul yang akan muncul di bagian atas halaman blog Anda dan juga akan menjadi nama default yang akan muncul di browser pengguna ketika mereka menunjuk/menambahkan blog anda ke favorit, jadi pilihlah sesuatu yang akan memberikan pembaca gagasan yang jelas tentang apa blog Anda.
- Alamat blog: memilih sesuatu yang akan anda ingat dengan mudah dan yang mudah untuk diketik.
- Klik pada panah "Continue"
6. Pada tampilan "Pilih template":
- Gulir ke pilihan dan klik pada tombol kecil di sebelah nama template yang Anda pilih. misalnya saya memilih template snapshot. Catatan: Anda dapat mengubah template nanti jika Anda memutuskan Anda tidak menyukai salah satu yang telah dipilih, sehingga tidak menghabiskan terlalu banyak waktu pada titik ini.
- Klik pada panah "Continue"
7. Di layar "Blog Anda baru saja dibuat!":
- Klik pada panah "Start Blogging"
8. Sebuah jendela akan muncul yang terlihat seperti sebuah jendela pengolah kata. Mulai mengetik, dan menggunakan format bar di bagian atas untuk membantu Anda memformat entri Anda. misalnya Anda dapat mengubah ukuran font, jenis pembenaran font,, warna, membuat link dan sebagainya. Percobaan dengan ini untuk melihat apa yang mereka lakukan.
- Setelah selesai, klik "Posting Publish"
9. Setelah entri postingi, sebuah layar akan muncul mengatakan "posting blog Anda berhasil diterbitkan!"
- Untuk melihat hasilnya, klik pada link "Lihat Blog."
10. Untuk kembali ke blog Anda sehingga Anda dapat menambahkan entri baru atau edit blog yang ada, klik icon orange "B" di sebelah kolom pencarian di bagian kiri atas jendela browser Anda. Jika Anda sudah login, ini akan membawa Anda ke Dashboard blog Anda. Jika Anda tidak login, maka pertama Anda harus login (menggunakan nama pengguna dan password yang Anda tetapkan saat membuat blog Anda).
11. Dari dashboard, Anda dapat:
- Membuat posting baru (entri blog baru): klik pada tombol "NEW POST"
- Mengubah pengaturan blog Anda (jangan khawatir tentang ini sekarang, tapi jangan mengeksplorasi kemudian)
- Mengedit posting yang ada: untuk melakukan ini, klik pada "Posts Edit" -> ini akan membawa Anda ke layar yang memberikan Anda pilihan untuk membuat posting baru atau mengedit yang ada. Untuk mengedit entri, klik pada link "Edit" di samping entri. Ini membuka blog dalam mode edit, dan Anda dapat melanjutkan dengan mengedit
- Untuk posting blog setelah Anda selesai mengedit, klik tombol oranye "Publish Post" (yang membawa Anda ke jendela "posting blog Anda berhasil diterbitkan!", dan dari sana, klik "View Blog").

Posting foto atau gambar lain di blog Anda

1. Ketika Anda berada di jendela compose untuk membuat blog, Anda akan melihat sedikit gambar/ikon yang tampak seperti gunung pada tool bar (tepat di samping ikon spell check). Klik itu.
2. Maka akan membuka kotak yang memberikan Anda pilihan untuk menambahkan gambar dari komputer Anda atau gambar dari web. Yang paling mudah adalah dari komputer Anda. Jadi klik pada tombol yang mengatakan "browse".
3. Arahkan dimana anda menyimpan folder foto di komputer Anda dan pilih.
4. Kembali pada jendela upload gambar, pilih tata letak (jika Anda ingin gambar berada di kiri, tengah, atau kanan, atau default).
5. Klik tombol "Upload Gambar". Ini akan memerlukan sedikit waktu untuk untuk memuatnya (Anda mungkin perlu me-refresh halaman untuk melihat bahwa gambar telah di-upload).

Sign in/Log in setelah Anda memiliki blog untuk membuat blog lagi.

Bila Anda ingin membuat blog lagi, tentu bisa menggunakan akun yang sama. Pergi ke blogger.com -> di bagian atas halaman yang terbuka, Anda akan melihat "Masuk untuk menggunakan Blogger dengan Akun Google Anda."

1. Isi nama pengguna dan password Anda (yang Anda buat pada langkah 3 di atas).
2. Klik "Masuk"

Posting komentar di blog orang lain

Untuk mengirim komentar pada sebuah blog:

1. Setelah Anda berada di blog seseorang, klik link "Post a Comment" yang biasanya muncul di bawah entri blog mereka.
2. Ini akan membuka komentar di dalam kotak. Ini berguna untuk mengklik pada link di samping ini yang mengatakan, "menunjukkan posting asli" karena memungkinkan Anda untuk melihat apa yang orang tulis di blog mereka sebagai tanda bahwa Anda telah membuat komentar tentang postingan mereka.
3. Klik di kotak komentar dan ketik komentar Anda.
4. Masukkan blogger.com, isi nama anda dan password di bawah kotak komentar, dan kemudian klik tombol biru "login dan mempublikasikan". Jika Anda telah login, maka semua yang perlu Anda lakukan adalah klik tombol "Publikasikan Komentar Anda".

Selsesai.

0 komentar:

Posting Komentar